Sekretariat Senthir

Jalan Gatak, Gang Tulip No. 343, Karangbendo, Bantul, Yogyakarta
Email: redaksisenthir@yahoo.co.id | Blog: senthir-gmni.blogspot.com

Kamis, 22 April 2010

Senthir

LATAR BELAKANG
Senthir hadir sebagai sebuah media komunitas di dalam GMNI Yogyakarta. Media ini berperan mensosialisasikan ide, gagasan dan isu yang berangkat dari keadaan realitas sosial masyarakat Indonesia.

Senthir tidak hanya berperan sebagai media pengenalan realitas sosial dengan segala macam isu dan wacana yang berkembang di dalamnya, tetapi sekaligus merupakan refleksi dan interpretasi mahasiswa serta masyarakat atas informasi tersebut. Di mana hal itu dapat membangkitkan sebuah kepedulian terhadap dinamika masyarakat. Sebuah dinamika yang nyaris tenggelam dari hiruk pikuk isu sosial politik saat ini.

Setidaknya dengan menengok kembali isu yang berkembang di kampus dan lingkungan masyarakat, Senthir berusaha mencoba membangun ikatan terhadap mahasiswa dan masyarakat dengan melemparkan kondisi keadaan objektif dan wacana untuk kemudian didiskusikan bersama. Di sini Senthir menjadi ruang publik, sebuah ruang milik bersama sebagai tempat untuk mempertemukan berbagai idealisme.

TEMA
Dalam setiap edisi Senthir menggali tema-tema sebagai salah satu bentuk konter wacana terhadap arus besar dalam perkembangan masyarakat, sebuah bentuk menemukan sintesa dari dialektika zaman.

TUJUAN
Sebagai salah satu media Gerakan Mahasiswa yang diterbitkan sejumlah 5000 eksemplar. Senthir diarahkan untuk memeberikan pemberitaan tentang realitas sosial dan wacana kritis kepada mahasiswa dan masyarakat. Dinamika dan wacana yang bergulir di tengah masyarakat akan menjadi kajian utama, selain itu juga isu dalam ranah akademis, budaya, seni serta refleksi kader GMNI dan opini masyarakat.

BENTUK MEDIA
Senthir adalah Majalah yang diterbitkan oleh Lembaga Pers Gerakan GMNI Yogyakarta setiap dua bulan sekali. Senthir setiap kali edisi akan diterbitkan 32 halaman, dengan ukuran per halaman A4 (21 X 29,7 cm).

PENYELENGGARA
Senthir adalah Majalah yang diterbitkan oleh Lembaga Pers Gerakan GMNI Yogyakarta, dengan status sebagai lembaga otonom. Dengan status tersebut, Senthir berhak untuk menerbitkan dan bertanggungjawab langsung kepada GMNI Yogyakarta.

PELAKSANAAN
Sesuai dengan tujuannya, Senthir akan terbit setiap dua bulan.

DISTRIBUSI
Didistribusikan kepada mahasiswa dan masyarakat Indonesia pada umumnya, serta mahasiswa dan masyarakat Yogyakarta khususnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark and Share