Sekretariat Senthir

Jalan Gatak, Gang Tulip No. 343, Karangbendo, Bantul, Yogyakarta
Email: redaksisenthir@yahoo.co.id | Blog: senthir-gmni.blogspot.com

Selasa, 29 Oktober 2013

GMNI YOGYAKARTA PERINGATI SUMPAH PEMUDA DI TITIK NOL




Oleh: Efendi A Wibowo

Senin (28/10), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Yogyakarta memperingati 85 tahun sumpah pemuda dengan mengadakan Panggung rakyat di nol kilometer , Yogyakarta.  Acara panggung rakyat ini mengambil tema Pemuda Bersatu untuk Kejayaan Indonesia.

Melalui konsolidasi yang panjang terbentuklah Aliansi Anak Bangsa. Tergabung 12 elemen mahasiswa, yakni:  GMNI Yogyakarta, GMKI Yogyakarta, HMI Bulaksumur, HMI Yogyakarta, PMII Sleman, LPM EKSPRESI, ISMALA, SPOER, GASEBO, Ilalang  Zaman, Fs-KMMJ, Aliansi Mahasiswa UNY.
Koordinator Umum, Himawan Kurniadi menyatakan bahwa acara ini merupakan momentum bagi lahirnya identitas nasional. “Intinya biar pemuda bersatu dan menghilangkan sekat-sekat perbedaan untuk kemajuan bangsa serta kita pemuda bisa guyup rukun, “ terangnya.

Acara tersebut dimulai sekitar pukul 16.00 WIB, dengan penampilan pembuka Teatrikal Kebhinekaan dari teater Mahasiswa Pendidikan Sejarah, UNY. Kemudian acara ditutup sekitar pukul 00.00 WIB dengan pembacaan ikrar Sumpah Pemuda bersama masyarakat yang memadati lokasi.

Acara berlangsung meriah walaupun sempat dihentikan karena diguyur hujan. Panggung rakyat ini juga mampu menyedot perhatian para pengunjung jalan Malioboro. “Acara lumayan menghibur mas. Biasanya pada demo semua, lumayan memberikan alternatif, “ujar Reko Prabowo, Pengunjung Malioboro.

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark and Share